Sosok Jenius Di balik Game Pokemon Go Yang Sedang Populer

Sosok Jenius Di balik Game Pokemon Go Yang Sedang Populer Saat Ini-Hanya dalam kurun waktu satu minggu setelah rilis, game Pokemon Go mendapat respon yang luar biasa di kalangan masyarakat luas.Bahkan di negara yang belum rilis secara resmi seperti Indonesia pun, sudah banyak pecinta game yang mengunggah dan memainkannya.

Namun tahukah Anda, siapa sosok di balik game fenomenal itu?

Ia adalah John Hanke, seorang veteran Google yang juga CEO dan pendiri Niantic. Ternyata, butuh waktu hingga 20 tahun, sehingga tercipta game Pokemon Go yang rilis belum lama ini.

Hanke mengerjakannya setahap demi setahap. Awal mulanya pada tahun 1996 saat masih menjadi pelajar, ia membuat permainan Multiplayer Online Game (MMO) yang disebut Meridian 59.Kemudian pada tahun 2000, ia meluncurkan Keyhole, yakni penggabungan antara peta dan fotografi udara, serta menciptakan GPS yang terhubung dengan peta 3D dunia.

Empat tahun kemudian, Google tertarik dengan Keyhole sehingga membelinya dan mengganti namanya menjadi Google Earth. Semenjak itu, Hanke pun fokus untuk membuat game berbasis GPS.Mulai tahun 2004 sampai 2010, ia bersama tim geografi Google membuat Google Map dan Google Street View. Selama itu pula, ia mengumpulkan tim yang selanjutnya membuat Pokemon Go..

Peluncuran Niantic Labs untuk membuat permainan berbasis peta dilakukan pada tahun 2010 dengan didanai Google.Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2012, game Niantic geo pertama berbasis MMO yang disebut Ingress diluncurkan.Ingress merupakan permainan di Android dan iPhone, di mana para pemain dapat menjelajahi dunia di sekitar mereka dan mengklaim wilayah.

"Ingress adalah gabungan aktivitas dunia nyata dan telepon Anda. Saya selalu melamun tentang itu ketika pergi-pulang dari rumah ke Google," kata Hanke seperti dikutip dari Story Pick, Rabu (13/7/2016).

Pada tahun 2014 untuk lelucon April mop, Google dan The Pokemon Company bekerja sama, memberi kesempatan pada masyarakat untuk menemukan pokemon di Google Maps.Tak dinyana, responnya begitu viral sehingga John terpikir untuk membuatnya menjadi game sungguhan.

Akhirnya, John bersama Google, Nintendo, Pokemon Company dan beberapa investor lain membentuk tim untuk mengembangkan Pokemon Go, yang rilis pekan kemarin.

Seperti dikutip dari Business Insider, Pokemon Go memiliki tiga tujuan utama. Pertama agar orang bergerak dan ke luar agar mendapatkan Pokemon.Kedua membuat hidup lebih baik dan menarik dengan beberapa cara kecil. Ketiga, bekerja sama dengan pemain lain untuk menaklukkan Gyms.

Sumber :http://jogja.tribunnews.com/2016/07/13/inilah-sosok-jenius-di-balik-game-pokemon-go